☑ Cara Membuat Aroma Pemikat Walet dengan Parfum Walet




Sedikit mengulas mengenai cara membuat aroma pemikat walet yang disukai burung walet sehingga memungkinkan walet datang ke rbw yang baru dibangun, dengan memberikan parfum sirip walet pada bagian tertentu dari rumah walet maka diharapkan dapat mendatangkan koloni walet dalam waktu relatif cepat. Ada bermacam cara memancing walet bersarang, salah satunya adalah dengan menyingkirkan apa saja aroma yang tidak disukai walet sehingga sehingga kita dapat menggantinya dengan parfum walet dengan racikan tertentu misalnya dari ramuan rumput laut pemikat walet.

Rahasia agar walet cepat menginap dan bersarang ternyata salah satunya adalah kondisi rbw itu sendiri, bagaimana menciptakan tempat tinggal bagi walet yang mereka sukai sehingga betah dan nyaman, hampir sama dengan habitat asli mereka di alam bebas. Hal seperti ini tentu memerlukan pemikiran yang ekstra dan patut kita ambil kesimpulan berdasarkan pengalaman masing masing, yang tentunya setiap orang memiliki wawasan berbeda tentang apa yang mereka alami terkait adanya pengalaman dalam membangun sebuah rbw baru.

Lantas seperti apa wujud dari parfum walet yang dapat memancing burung walet sehingga betah tinggal dalam rbw tersebut? Hal seperti ini cukup sederhana sebenarnya, ketika kita sudah memahami habitat asli walet yang menyukai lingkungan lembab, dingin dan memiliki aroma khusus layaknya di alam liar. Salah satu yang paling disukai walet adalah aroma ikan, atau sedikit amis dengan perpaduan antara aroma tersebut beserta lingkungan yang lembab, akan menyebabkan burung walet serasa berada dalam habitat asli mereka.

Aroma amis atau anyir yang diciptakan tersebut tentu dengan penuh pertimbangan, tidak boleh terlalu berlebihan karena dapat saja mengundang adanya hewan pemangsa lain yang akan mengganggu ekosistem burung walet dalam rbw. Jadi patut kita perhitungkan dengan baik, biasanya parfum walet disemprotkan pada dinding rbw dan pada papan sirip sehingga dapat tercium oleh burung walet dimana mereka sering melewati bagian tersebut.

Membuat sendiri parfum walet yang bagus dan murah

Tujuan utama kita adalah memberikan aroma khusus pada rbw sehingga menarik burung walet, dan menyebabkan mereka betah tinggal yang pada akhirnya populasi walet yang menginap semakin banyak. Ini tentu akan memberikan peluang walet yang bersarang juga makin banyak, dan akan menguntungkan kita dalam jangka panjang.




Kalau kita dapat membuat sendiri parfum walet, kenapa harus beli?

Memang ada banyak merk parfum walet yang dijual di pasaran, dan rata-rata sudah banyak dibuktikan manfaatnya yang sangat membantu bagi petani walet. Namun untuk keperluan sendiri dan untuk uji coba, tidak ada salahnya kalau kita mencoba membuat sendiri aroma walet tersebut dengan bahan yang mudah didapat, tentunya ini akan mengurangi biaya yang seharusnya dapat kita gunakan untuk keperluan lain.

Berikut adalah cara membuat parfum walet sederhana dan efektif

Alat dan bahan:

  • 15 butir minyak ikan siap pakai
  • 1 botol vitamin anak, contoh: scott emulsion 400ml
  • 1 liter air jernih
  • Wadah kecil
  • Semprotan air yang biasa untuk mandi burung

Pembuatan:

  1. Campur 1 botol vitamin anak, 15 butir minyak ikan, dan 1 liter air jernih dalam wadah kecil yang sudah disiapkan
  2. Aduk sampai merata
  3. Masukkan campuran tadi ke dalam semprotan
  4. Gunakan atau semprotkan parfum walet bikinan kita tersebut pada dinding dan sirip walet yang kiranya strategis

Tiap orang tentu memiliki pengalaman yang tidak sama dalam hal aroma yang dapat menarik kedatangan burung walet, misalnya ada yang menyarankan penggunaan campuran putih telur dan minyak ikan. Tujuan dari pembuatan aroma walet tersebut sama, adalah untuk memberikan rbw menjadi tempat terbaik bagi walet sehingga makin berkembang.

Yang patut kita waspadai adalah penggunaan bahan-bahan tersebut jangan sampai mendatangkan pemangsa atau hewan lain yang mengganggu, misalnya, semut, tikus, tokek, atau hewan lainnya yang tidak di inginkan.




☑ Cara Membuat Aroma Pemikat Walet dengan Parfum Walet | tadisangka | 4.5