3 Cara Membasmi Tokek di Rumah Walet, Hama Kelelawar, Cicak, Burung Hantu




Pembahasan ini sebenarnya masih lanjutan dari tulisan terdahulu, kalau sekarang kita mengulas bagaimana cara membasmi tokek di rumah walet dengan cepat dan aman, tentunya hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan tindakan yang berakibat merugikan populasi burung walet kita. Apa maksudnya? Seperti yang pernah dibahas dalam tulisan terdahulu bahwa penggunaan lem tikus yang tidak tepat bukannya menjebak hama tokek atau tikus namun justru malah menyebabkan walet dan anak walet terperangkap dalam lem tikus tersebut.

Salah satu hama yang menyebabkan kerugian besar pada rumah walet adalah tokek dan kelelawar, karena hama ini dapat menyebabkan terganggunya populasi burung walet dalam rbw kita. Hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya tingkat keberhasilan dalam walet bersarang, atau malah dapat menyebabkan walet tidak mau bersarang dan kabur karena adanya binatang tersebut.

Lantas bagaimana tindakan kita untuk mengantisipasi hal tersebut? Tentunya harus dilakukan pembasmian dan pengusiran terhadap hama yang mengganggu sehingga tidak ada kendala di tahap selanjutnya karena apa yang kita alami bisa saja adalah sebuah awal dari kegagalan dalam membangun usaha sarang burung walet.

Mengusir tokek dengan  suara

Mungkin ini terdengar tidak biasa, menggunakan bunyi-bunyian untuk menghilangkan hama dalam rumah walet. Namun kalau tidak dicoba, tentu kita tidak akan tahu seperti apa hasilnya. Suara suara tertentu memang dapat menakuti tokek, yang perlu diperhatikan jangan sampai mengganggu ketenangan burung walet, atau malah menenggelamkan suara panggil dan suara inap yang sudah digunakan.

Adapun suara yang ditakuti tokek adalah suara predator yang dapat memangsa hewan ini, sehingga memasang rekaman suara predator tersebut dapat mengatasi gangguan tokek tersebut. Lebih jauh akan kita bahas tentang cara menangkap tokek di rumah walet dalam pembahasan terpisah.




Cara mengusir burung hantu dari rumah walet

Sedangkan hama burung hantu umumnya adalah sebuah kendala yang harus ditangani secara manual. Maksudnya kita mau tidak mau harus mengusir burung hantu sendiri, bisa memburunya atau mengusirnya dengan peralatan yang Anda miliki.

Burung hantu yang sudah pernah dikejutkan dan diburu biasanya akan takut kembali lagi ke lokasi tersebut. Atau kalau memungkinkan, silakan langsung dibasmi saja hewan satu ini untuk memastikan tidak ada gangguan dimasa mendatang.

Cara mengusir kelelawar, cicak, dan hama lainnya dari rumah walet

Adapun cara mengusir kelelawar dari rumah walet dapat dilakukan dengan kiat sederhana, menggunakan alat yang mudah ditemukan. Metode yang kita gunakan sebenarnya hampir sama, kalau memang memungkinkan akan lebih aman menggunakan cara manual untuk mengusir hewan-hewan tersebut karena tidak akan keliru mengenai populasi walet kita. Misalnya dengan memburunya sendiri, dan melenyapkan satu persatu dengan cara manual.

Namun kalau ada cara lain yang lebih praktis misalnya menggunakan obat tertentu atau perangkap yang sudah lebih praktis rasanya patut pula dicoba. Yang jadi pertimbangan jangan sampai perangkap tersebut salah sasaran dan mengenai burung walet. Ini akan menyebabkan berkurangnya populasi walet dan mereka akan terganggu.

Kesimpulannya

Dalam memantau perkembangan usaha walet dan perawatan rumah walet memang selalu ada gangguan yang datang, meskipun kita tidak dapat serta merta menghilangkan gangguan tersebut namun setidaknya ada tindakan antisipasi untuk mencegah efek yang lebih jauh.

Perlu juga memperhatikan secara perlahan dan dalam jangka panjang kira-kira apa yang akan mengganggu populasi burung walet kita, dan bagaimana pola gangguan tersebut. Kalau kita sudah menemukannya, maka akan lebih mudah membasmi dan mengatasi adanya hewan pemangsa, gangguan maupun hal lain yang akan menyebabkan terganggunya populasi dalam rumah walet.




3 Cara Membasmi Tokek di Rumah Walet, Hama Kelelawar, Cicak, Burung Hantu | tadisangka | 4.5