Cara Membuat Media Tumbuh Mrutu untuk Makanan Walet




Mungkin sudah banyak yang mengetahui bagaimana cara membuat media tumbuh mrutu yang baik sehingga mrutu dapat berkembang biak dengan cepat, dari bibit mrutu yang dibiakkan akan mampu menghasilkan panen melimpah sehingga apa yang ingin dicapai dari perencanaan yang sudah dibuat akan dapat terpenuhi dalam waktu yang relatif singkat. Walet sangat menyukai serangga mrutu sebagai makanannya, lantas apa itu mrutu? Mrutu adalah serangga kecil yang masuk dalam jenis lalat, lebih tepatnya mirip dengan lalat buah. Binatang ini bisa dikatakan makanan kesukaan walet, karena pakan walet yang paling tepat adalah apa yang dia sukai sehingga dapat mengundang walet lainnya sehingga bisa mencari makan yang pada akhirnya diharapkan akan membuat sarang ditempat tersebut.

Mrutu, meskipun serangga ini kadang seperti sangat sulit didapatkan namun dengan pengetahuan akan budidaya dan keinginan untuk memperbanyak maka bisa saja dia diakali supaya pada akhirnya bisa berkembang biak dan menghasilkan banyak anakan mrutu yang kemudian memberikan hasil melimpah, dari sedikit bibit mrutu yang dikembangkan akan menghasilkan banyak koloni mrutu sehingga memberikan hasil maksimal dan kebutuhan akan pakan walet yang sudah kita rencanakan akan dapat terpenuhi sehingga tidak bingung lagi untuk membeli dari luar.

Cara Memelihara Mrutu supaya cepat Berkembang biak

Pada dasarnya beberapa makanan dengan campuran bahan tertentu dapat dijadikan sebagai makanan untuk mengembangbiakkan mrutu, dengan takaran yang tepat maka akan diperoleh pakan mrutu dengan dosis yang baik dan memberikan hasil cukup memuaskan seperti yang kita inginkan.

Bahan dasar yang digunakan adalah tepung kedelai dicampur dengan mi apkir, untuk mendapatkan adonan atau takaran yang tepat maka mi apkir dan tepung kedelai dicampur dengan perbandingan 1 : 1 yang dilanjutkan dengan mengaduk campuran tersebut sehingga diperoleh semacam bubur putih yang sudah tercampur merata.

(Mi apkir adalah adonan mie yang gagal dibentuk, atau mie dalam kondisi kadaluwarsa, bisa diperoleh dari produsen mie skala kecil / menengah)




Untuk menghilangkan bau maka dapat dicampurkan probiotik cair dan juga untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan nutrisi maka tidak ada salahnya menambahkan vitamin dan mineral dalam komposisi yang tepat.

Sebagai gambaran, dari 40 kg campuran adonan maka akan menghasilkan sekitar 2 kg bibit mrutu, bibit-bibit tersebut akan siap panen pada usia 14-15 hari setelah pemeliharaan yang baik. Sehingga bisa superwalet.com katakan bahwa kondisi saat panen bisa dipastikan dalam keadaan yang tepat, dan tidak membuang waktu dan bahan sehingga menghasilkan mrutu berkualitas yang siap digunakan sebagai pakan walet. Sedangkan dalam sekali panen, dapat dihasilkan sekitar 7 kg mrutu setiap hari dengan penanganan yang tepat dan pengawasan yang berlanjut, untuk memastikan semua bibit akan tumbuh dengan baik dan tercukupi makanannya.

Pemantauan dan perlakuan khusus untuk pakan walet memang sangat penting, karena ini akan menyangkut degan hasil panen selanjutnya dimana setiap kali kita memelihara dan melakukan perubahan secara tidak langsung akan mempengaruhi produktivitas sehingga akan berdampak pada hasil panen. Oleh sebab itu, memperhatikan pasokan mrutu sebagai pakan walet juga sangat penting untuk dijaga, ini mengingat kandungan gizi dari mrutu sangat baik dan tepat untuk burung walet. Sebagai gambaran, dari 100 gram mrutu mengandung sekitar 10% air, 0,14% mineral, 65,67% protein, 9,08% serat, dan 17,35% lemak. Dari sini dapat kita ketahui bahwa kebutuhan akan gizi dapat terpenuhi dari pemberian mrutu yang berkelanjutan sehingga burung walet pada akhirnya akan cepat berkembang dan menghasilkan sarang yang banyak, hasil panen melimpah dan keuntungan yang berlipat ganda. Oleh sebab itu penting untuk memperhatikan pakan walet ini demi kelangsungan panen dimasa mendatang.

Dari uraian diatas tentu kita sudah memiliki gambaran mengenai pemeliharaan mrutu yang baik dan benar, dengan melihat pada kadar gizi dalam mrutu untuk pemenuhan makanan bagi burung walet, yang pada akhirnya menyangkut pada hasil panen dan bagaimana menumbuhkan walet yang sehat, memiliki produktivitas tinggi serta akan menghasilkan panen yang melimpah dan berkepanjangan. Dengan demikian memang sangat penting memantau perkembangan dan makanan walet itu sendiri sehingga semua akan memberikan hasil yang baik seperti yang sudah kita rencanakan sebelumnya.

Jangan lupa membaca tulisan terkait mengenai cara membuat pakan walet buatan sendiri




Cara Membuat Media Tumbuh Mrutu untuk Makanan Walet | tadisangka | 4.5