Cara Membuat Sarang walet Imitasi Sarang walet palsu Karton




Superwalet.comCara Membuat Sarang walet Imitasi  atau sarang walet palsu – Sarang imitasi merupakan sarang buatan, atau biasa juga disebut sebagai sarang palsu. Ukuran Sarang ini tentu dibuat menyerupai ukuran sarang burung walet asli dengan memberi warna serta model yang hampir mirip pula dengan sarang burung walet asli. Bentuk Cekungan sarang imitasi atau palsu ketika dibuat harus cukup untuk menampung tubuh induk walet  ketika mereka bertelur maupun ketika  mengeram. Model serta pembuatan sarang imitasi dibuat semirip mungkin dengan sarang asli dengan tujuan supaya walet yang menggunakan sarang palsu ini, seakan menganggap itu merupakan sarang asli buatan burung walet.

Cara Membuat Sarang walet Imitasi / Sarang walet palsu

Sementara, untuk mendapatkan Produk sarang tiruan, cukup mudah sebab ada banyak produsen perlatan walet yang memasarkan atau menjual secara bebas sarang imitasi ini Baik lewat off line maupun on line pada toko toko online seperti buka*lpak.com atau toko online lainya. Produk sarang imitasi yang banyak dijumpai dipasaran terbuat dari bahan plastik kaku, selain itu adapula yang terbuat dari plastik lentur mirip karet. Walau terbuat dari bahan yang berbeda namun untuk burung walet hal tersebut tidak menjadi masalah, sebab yang terpenting adalah tempat itu cekung serta memungkinkan dipakai untuk berkembang biak.

Cara Membuat Sarang walet Imitasi

Beberapa pengusaha sarang burung walet membuat sarang walet tiruan dengan bahan dasar kertas karton. Bahkan warna sarang imitasi dibuat beraneka ragam, seperti warna kuning, merah jingga juga hijau. Walau sarang imitasi dibuat dengan varian warna, ternyata respon burung walet tidak menimbulkan masalah. Mengapa bisa demikian, ? Apakah walet buta warna? Tidak ada penelitian lebih lanjut mengenai hal demikian . Jadi sarang imitasi yang dibuat tidak harus berwarna putih, sebab ada beberapa pengalaman yang membuktikan dengan penggunaan sarang palsu berwarna hitam, walet pun tidak keberatan.

Tahukah anda kalau pada gua gua burung walet, sebagian besar warna sarang burung walet ternyata berwarna hitam. Warna hitam tersbut bukan akibta dari warna air liur walet yang hitam. Air Liur walet warnanya tetap putih, baik itu walet gua maupun walet rumahan. Adapun warna hitam yang ditemui pada sarang walet gua dikarenakan,  bulu walet yang membalut sarang lebih mendominasi, akibatnya sarang walet terlihat berwarna hitam. Cara Membuat Sarang walet Imitasi

Cara Membuat Sarang walet Imitasi




Bukti lain yang mengungkapkan bahwa burung walet tetap sregg dengan sarang yang berwarna lain yaitu ketika pengusaha budidaya burung walet menggunakan burung seriti untuk menetaskan telur walet.

Tahukah anda kalau sarang burung seriti memiliki warnanya coklat yang mana warna ini secara alami sebab bahan dasarnya terbuat dari daun kering. Sebagian pelaku usaha budidaya sarang burung walet, melakukan proses putar telur pada sarang burung seriti. Metode ini dilakukan dengan cara mengganti telur burung seriti dengan telur burung walet pada sarang seriti ( digunakan untuk mletakkan sepasang telur walet) sekaligus  dengan induk seriti juga ( yang bertugas untuk mengerami dua telur walet tadi).

Biasanya Sarang seriti berbahan dasar daun cemara atau rumput yang warnanya coklat yang dibuat sendiri olh burung seriti. Ketika telur walet yang dititip disarang seriti menetas, maka induk seriti tetap memelihara anak walet itu sampai bisa terbang.

Nah, apa ketika anak walet yang dipelihara seriti menjadi dewasa, maka ia akan menggunakan sarang seriti tersebut lalu mengusir induk seriti yang telah membesarkannya. Inilah bukti bahwasanya walaupun sarang seriti berwarna coklat ( bukan warna putih ) bahkan terbuat dari daun cemara atau rumput kering( bukan dari liur ), namun walet tetap mau menggunakannya. Sudah terbukti bukan ?

Lalu Apa manfaat pemasangan sarang imitasi pada gedung walet?

Nah, adapun manfaat Sarang imitasi / sarang palsu yaitu berfungsi memancing agar walet cepat bertelur. Sscara sederhana Sarang imitasi, ini cukup membantu walet bekembang biak dengan cepat. Mengapa bisa demikian ? Sebab untuk dapat bertelur, walet  tidak perlu membangun sarang dari liurnya, sebab telah ada sarang imitasi yang menggantikan.

Cara Membuat Sarang walet Imitasi

Jadi jika pakai sarang imitasi, tidak ada sarang walet yang dihasilkan ? Belum tentu, sebab biasanya burung walet akan melapisi sarang imitasi dengan liurnya. Namun ada pula yang tidak melakukan itu, dan langsung saja bertelur. Nah, disinilah keuntunganya. Untuk gedung walet yang baru sebaiknya difokuskan untuk memperbanyak sekaligus mempercepat perkembangan populasi walet di tahun pertama. Jadi walaupun tidak panen sarang ditahun pertama yah, tidak jadi masalah, sebab memang hanya difokuskan untuk mempercepat perkembang biakkan burung dengan cara menggunakan sarang imitasi. Lalu setelah tahun kedua, barulah kita fokus pada perkembangan sarang. Masuk akal bukan ? Jika masih kurang jelas berikut detail penjelasanya.

Secara umum kita ketahui bahwa burung walet ketika membuat sarang yang mereka mulai dari fondasi sarang sampai selesai  menjadi sarang sempurna atau sarang utuh membutuhkan waktu hingga 6 minggu lamanya. Apalagi ketika musim kemarau tiba bisa bisa sampai 8 minggu lamanya (2 bulan ). Belum lagi jika gedung walet memiliki suhu serta kelembapan yang kurang memenuhi syarat, maka dipastikan proses pembuatan sarang walet makan waktu cukup lama.  Untuk itulah alternatif  memasang sarang walet imitasi pada gedung dilakukan sehingga, dapat mempercepat proses walet untuk bertelur, mengeram, dan kemudian memelihara anak walet sebagai generasi pertama. Jadi dengan adanya sarang imitasi Walet tak perlu berlama lama bikin sarang asli, dampaknya akan meningkatkan populasi walet dengan cepat walau belum menghasilkan sarang untuk dapat dipanen. Cara Membuat Sarang walet Imitasi

Tahukah anda apabila walet berkembang biak dengan membangun sarang asli dari air liur mereka, maka dalam 1 tahun terjadi 3 kali pembiakan. Namun apabila menggunakan sarang imitasi, tentu walet dapat berkembang biak hingga 5 kali dalam 1 tahun. So, penggunaan sarang imitasi tentu cukup besar manfaat terutama dalam melipatgandakan jumlah populasi walet di tahun pertama.

Nah, dari penjelasan diatas, tentu sudah cukup jelas maksud dari pemasangan sarang imitasi walet.

Tips memasang sarang walet Imitasi atau sarang palsu

Cara Membuat Sarang walet Imitasi – Sarang imitasi dipasang tidak sembarangan. Untuk memudahkan walet menemukan sarang imitasi yang telah dipasang , maka sebaiknya pemasangan sarang tiruan berada dekat dengan posisi twiter. Karena kebiasaan walet cenderung hinggap di twiter, bahkan sangat sering kita jumpai bersarang di twiter. Apabila sarang imitasi dipasang dekat twiter, maka sangat besar kemungkinan walet akan hinggap dan menempati sarang tersebut.

Jangka lama waktu sarang Imitasi dipasang dan kapan sebaiknya dilepas / dicabut

Mungkin anda bertanya “Sampai kapan sarang imitasi itu dipakai di gedung walet?” Dan kapan waktu yang baik untu mencabut sarang tiruan? Untuk jawaban dari pertanyaan tersebut yang dikutip dari stus duniawalet.co.id sebaiknya sarang imitasi dilepas ketika telah lewat setahun setelah pemasangan. Seperti yang kami terangkan diatas tadi bahwa untuk tahun pertama lebih baik jika fokus untuk memproduksi burung dulu. Biarkan walet berkembang biak di gedung anda, biarpun dengan menggunakan sarang palsu.

Adapun tahun berikutnya, maka sarang imitasi dilepas secara perlahan dan bertahap. Sehingga walet yang awalnya menggunakan sarang imitasi kecil kemungkinan akan kabur. Walet akan tetap memilih posisi semula, selain itu juga yang pindah posisi  ketempat lain untuk  membangun sarang dengan air liurnya.

Sebab pada tahun pertama sudah terdapat burung walet, maka pada tahun berikutnya tentu  akan banyak pula jumlah sarang yang dihasilkan. Cara Membuat Sarang walet Imitasi / Sarang walet palsu , Semoga bermanfaat

Sumber : Duniawalet.co.id




Cara Membuat Sarang walet Imitasi Sarang walet palsu Karton | tadisangka | 4.5