Cara Agar Suhu Gedung Walet Stabil dan Tetap Dingin




Superwalet.com – Rumah walet yang memiliki ukuran kecil sederhana ditambah dengan dinding yang tipis apalagi desain tidak dirancang dengan benar biasanya hal ini akan mengakibatkan suhu di dalam gedung tersebut menjadi panas tentu sangat berlawanan dengan habitat burung walet yang mana sangat menyukai suhu cara yang adem. Apabila gedung kurang bisa menciptakan suhu yang relatif sejuk Maka burung bisa dipastikan akan kurang yang menginap. Masalah ini tentu menjadi masalah klise. Ada banyak petani walet yang mengalami masalah terhadap penanganan suhu dalam gedung yang tinggi. Untuk mengatasi suhu dalam gedung yang panas bukanlah cara yang mudah namun masih tetap dapat dilakukan Asalkan mengetahui cara serta dengan menggunakan metode yang benar salah satu referensi cara yang bisa anda pelajari yaitu cara agar suhu gedung walet stabil dan tetap dingin serta tidak terlalu panas.

Cara mendinginkan suhu rumah walet panas

Cara agar suhu rumah walet tetap dingin sehingga walet betah

Beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat menurunkan suhu gedung walet atau temperatur dalam ruangan walet  yaitu antara lain.

  • Penggunaan cat berwarna putih pada dinding luar gedung
    Umumnya gedung hanya memiliki warna cat aslinya yaitu warna SEMEN ini terlihat pada kebanyakan gedung . Diketahui ternyata warna Semen sangat cepat menyerap panas matahari namun pada dasarnya warna yang cepat menyerap matahari adalah warna hitam. Tentu hal ini kurang menguntungkan sebab dengan dinding yang memiliki warna gelap akan cepat diresapi oleh panas matahari dari luar kemudian tembus ke bagian dalam gedung. Akan mengakibatkan suhu di dalam gedung menjadi tinggi. Maka dari itu pemberian cat warna putih pada dinding luar gedung akan sangat membantu. Selain warna putih Anda juga bisa memilih warna kuning ataupun warna coklat muda. Hal ini dapat dibuktikan dengan cara mengecat dua tembok yang satu dengan menggunakan cat warna putih dan yang satu tanpa cat, kemudian ketika tengah hari Anda bisa mencoba meletakkan telapak tangan anda pada tembok yang telah diberi cat putih Sementara anda juga bisa meletakkan tangan anda yang satunya pada tembok yang belum dicat maka anda dapat merasakan perbedaan suhu pada kedua tembok tersebut. Hal ini pun sama terjadi didalam gedung. Dengan memasuki bagian dalam gedung yang telah diberi cat putih akan terasa berbeda suhu yang dihasilkan jika dibandingkan dengan tembok yang hanya menggunakan warna dasar semen

[alert-announce]Baca juga “Desain rumah walet mini sederhana[/alert-announce]

  • Cara mengatur temperatur dalam gedung walet yang kedua bisa dilakukan untuk mengatasi suhu yang tinggi yaitu pada dinding dalam gedung bisa diberi lapisan sterofoam. Sterofoam yang bisa dipilih paling tidak dengan ketebalan sekitar 2 cm atau lebih . Sterofoam adalah gabus berwarna putih yang memiliki lebar hampir sama dengan triplek yang bisa anda jumpai di toko bangunan sekitar rumah anda .tentu Sterofoam ini sangat berfungsi untuk bisa melindungi panas terik dari luar gedung yang masuk ke dalam. Disamping itu walaupun bagian luar gedung telah dilumuri cat putih tapi Seiring berjalannya waktu Maka cat tersebut bukan tidak mungkin akan hilang dengan sendirinya, untuk mengantisipasi hal tersebut maka cara sederhana yang bisa anda lakukan dengan adalah dengan memasang sterofom pada bagian dalam gedung.

[alert-announce]Baca juga “Cara ampuh menurunkan suhu rumah walet panas“[/alert-announce]

  • Upaya mengurangi suhu dalam gedung agar bisa menjadi sejuk, selanjutnya yaitu dengan menyediakan kipas angin serta baskom atau ember yang telah diisi air . Dengan cara menghadapkan kipas angin pada baskom yang berisi air dengan tujuan kipas akan menghembuskan angin langsung ke permukaan air .Dengan cara ini tentu akan membuat air bergerak dan menimbulkan uap air . Selain cara ini cukup ampuh ternyata sudah banyak dilakukan untuk mengatasi rumah walet panas yang kebanyakan gedungnya terbuat dari kayu. Namun lain halnya apabila gedung terbuat dari tembok batu permanen maka lebih disarankan untuk menggunakan mesin kabut. Penggunaan mesin kabut pada rumah kayu tentu tidak begitu disarankan sebab butiran embun yang jatuh bisa mengakibatkan lantai yang terbuat dari papan akan basah serta menimbulkan jamur. Nah bagaimana jika lantai papan tersebut ada 3 lantai tentu sirip akan kena jamur juga.







Cara Agar Suhu Gedung Walet Stabil dan Tetap Dingin | tadisangka | 4.5