Cara Menghilangkan Jamur Pada Papan Sirip Rumah Walet




Beberapa teman mengeluhkan mengenai papan sirip gedung walet yang berjamur, cara menghilangkan jamur pada papan sirip walet memang memerlukan penanganan khusus yang memadai sehingga dengan sedikit langkah sederhana dapat mencegah timbulnya jamur untuk kedua kalinya dan kita tidak perlu repot membuang jamur tersebut dimasa mendatang. Karena papan sirip walet berjamur tentu tidak ada kaitannya dengan jarak papan sirip rumah walet yang bagus dan ideal. Namun kalau kita perhatikan memang jamur menjadi salah satu momok yang menyebabkan burung walet enggan bersarang, apalagi ditambah kondisi rumah walet yang tidak terawat maka dapat dipastikan perlahan walet akan kabur dari rbw kita.

Meskipun tidak semua rumah walet berpotensi kena jamur, namun ada beberapa yang mengeluhkan sulitnya menanggulangi masalah jamur ini. Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab papan sirip walet berjamur, mungkin degan menyimak tulisan akan dapat sama-sama mencerahkan kita termasuk bagi yang masih bingung dapat bertanya atau memberikan pendapat melalui kontak yang sudah admin sediakan sebagai ajang untuk saling berdiskusi satu sama lain, bagi pemilik rbw memang penting untuk senantiasa meng-update pengalaman dan berbagi demi perkembangan bisnis sarang walet yang selama ini sudah kita tekuni.

Beberapa faktor yang menyebabkan jamur di papan rumah walet:

  1. Kebocoran atap yang tidak segera diperbaiki
  2. Papan kayu yang digunakan belum kering, atau tidak layak pakai karena masih setengah kering
  3. Timbulnya suhu yang terlalu lemban dalam rbw karena adanya sumber air di bawah

Burung walet memang menyukai suasana dingin dan lembab, seperti habitat asli mereka di alam bebas. Sehingga beberapa peternak memasang saluran air atau genangan air semacam selokan di dalam rbw mereka, tujuannya adalah menciptakan suhu ruangan yang tidak terlalu panas dan lembab. Namun kalau sampai timbul suhu yang terlalu lembab, justru ini akan merugikan kita. Terutama bagi yang jarang mengontrol atau merawat rbw, maka sangat rentan timbul jamur pada papan kayu yang digunakan.

Faktor lain yang tidak kita sadari adalah saat membangun rumah walet menggunakan kayu yang kurang memenuhi standar sehingga saat sudah jadi dapat menyebabkan hal yang tidak di inginkan, timbulnya jamur yang merugikan karena dapat menyebabkan burung walet tidak mau menginap, bahkan akan berdampak buruk untuk jangka panjang kalau tidak segera diatasi.

Penyebab lain, misalnya kebocoran pada atap juga perlu di kontrol, jangan sampai kita terlambat melakukan penanganan. Karena dalam kasus yang paling buruk, papan walet dapat lapuk dan rapuh karena adanya atap yang bocor dan rembesan air mengenai kayu dalam jangka waktu lama. Ini tentu akan menyebabkan kerugian yang lebih besar karena kita harus melakukan renovasi, sehingga sedapat mungkin harus mengecek kondisi atap dan rbw yang kita bangun dari waktu ke waktu.




Cara mengatasi papan sirip rbw yang berjamur

Papan sirip dari kayu memang rawan jamuran, kalau tidak segera kita perbaiki akan menimbulkan kerugian yang lebih besar. Untuk itu segera lakukan tindakan pembersihan dengan menyikatnya menggunakan sikat kawat, atau kalau kita mau praktis maka menggunakan gerinda, mata gerinda menggunakan sikat yang terbuat dari kawat.

Setelah itu untuk mencegah papan sirip walet berjamur maka segera bersihkan dengan semprotan alkohol, sehingga jamur tidak akan ada lagi.

Setelah dibersihkan dan disemprot pakai alkohol, jangan lupa memperbaiki sulapan dengan cara dilapisi pakai aluminimum, pilih plat aluminium yang tebal dan bagus sebelum membentuk dan memasangnya, karena ini akan digunakan untuk jangka panjang maka lebih baik kalau kita memilih yang kualitasnya bagus sekalian.




Cara Menghilangkan Jamur Pada Papan Sirip Rumah Walet | tadisangka | 4.5