Cara Menyekat Papan Sirip Rumah Burung Walet Yang Benar




Superwalet.comCara Menyekat Papan Sirip Rumah Burung Walet yang baik dan benar yaitu dengan memberi jarak antara papan sirip sekitar 30 senti meter dari papan sirip yang lain. Selain pemberian jarak sekitar 30 sentimeter antara papan sirip, jarak setengah meter juga dapat diterapkan, sebab dengan jarak tersebut merupakan ukuran standar bentangan sayap burung walet yang memiliki lebar sektar kurang lebih dua puluh enam sentimeter.

Sementara, jika anda ingin modifikasi untuk membuat jaraka antara papan sirip menjadi lebih lebar atau bahkan lebih sempit lagi maka anda bisa mencobanya sendiri.

Sementara terdapat Keunggulan tersendiri ketika memilih menggunakan sirip dari kayu antara lain.

  • Lebih mudah dalam pemasangan, serta pembongkaran, bahkan gampang untuk
  • Lebih mudah dalam pemasangan peralatan seperti tweeter, dan pemasangan berbagai aksesoris lainya.
  • Biaya yang dibutuhkan relatif lebih murah
  • Hasil sarang yang didapatkan lebih baik .

Adapun berbagai varian jenis kayu yang umumnya digunakan pada gedung walet diantaranya adalah Kayu Meranti, Kayu Bangkirai, Kayu Sengon dan Kayu Jati.

Baca Juga :

Dari Keempat kayu yang baiasanya dipakai, maka kayu meranti adalah kayu favorit yang banyak digunakan para pengusaha budidaya sarang walet karena lebih mudah untuk didapatkan bahkan harganyapun relatif lebih murah. Selain harganya cukup murah, kayu meranti banyak digunakan sebab termasuk dalam kayu yang lebih lunak dan empuk skaligus memiliki daya tahan yang cukup baik.




Cara Menyekat Papan Sirip Rumah Burung Walet

Cara Menyekat Papan Sirip Rumah Burung Walet.

Untuk Penyekatan dapat dilakukan dengan jarak 1-1,5 m agar terbentuk kotak-kotak berukuran 100 cm-150 cm x 25 cm-30 cm, sebab umumya burung walet suka tinggal di bagian-bagian sudut. Bagian sudut merupakan tempat yang favorit bagi walet sebab mereka mungkin merasa lebih aman, jadi tidak perlu heran ketika bagian sudut lah merupakan lokasi paling pertama dihuni burung walet.

Pemasangan sirip baiknya dilakukan dengan menerapkan alur melintang dari posisi lubang masuk, hal ini dimaksudkan agar cahaya yang masuk masuk dapat terhalang dan ruangan tetap gelap.

Cara Menyekat Papan Sirip Rumah Burung Walet

Pastikan pula sirip terpasang dengan kokoh dan rapat pada plafon agar tidak ada lagi tempat bersembunyi  bagi kecoak atau serangga lainya yang dapat merugikan.

Kabarnya Burung walet tidak suka akan bau khas alami dari kayu. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan penjemuran kayu sekitar 5 hingga delapan bulan lamanya  agar kayu benar benar kering, dan bau khas alami dari kayu sudah hilang.  Sementara untuk menghilangkan bau pada papan sirip maka dapat dilakukan pemberian parfum burung walet yang dikhususkan untuk papan sirip.

Jangan lupa menyerut / dikeruk, bisa menggunakan paku, dll pada permukaan papan secara kasar sebelum di pasang agar burung walet mudah hinggap dan membuat sarang disana.

Nah, itulah Informasi singkat tentang Cara Menyekat Papan Sirip Rumah Burung Walet Yang Benar, semoga bermanfaat.

Referensi : http://burungwaletkalimantan.blogspot.com/




Cara Menyekat Papan Sirip Rumah Burung Walet Yang Benar | tadisangka | 4.5