Contoh Rumah Walet yang Berhasil dan Ideal itu Seperti Apa?




Mengetahui seperti apa contoh rumah walet yang berhasil mendatangkan omset besar tentu menjadi sangat penting untuk kita ketahui apalagi untuk yang sedang serius menggeluti bisnis burung walet. Hal seperti ini memang wajib dipelajari sebelum lebih jauh terjun dalam bidang yang tentunya harus banyak dikuasai, sehingga akan memberikan motivasi tersendiri bagi pelaku bisnis sarang walet atau para petani walet, juga untuk menjajaki seperti apa kemampuan kita dalam mengaplikasikan pengalaman dan perencanaan ke dalam praktek sesungguhnya di lapangan dalam membangun gedung walet yang bagus.

Rumah walet yang baik adalah yang memenuhi kriteria kita sendiri dan standar secara umum

Secara umum, seperti apa bangunan walet yang memenuhi syarat dan layak digunakan? Ini tentu menjadi tanda tanya tersendiri sebelum kita membangun rbw yang rencananya mungkin akan menghabiskan anggaran yang tidak sedikit. Perlu diketahui bahwa ini bukan merupakan sesuatu yang baku dan mengikat, akan seperti apa keadaan gedung walet kita nanti tidak lepas dari campur tangan si pemilik, dalam hal ini untuk memastikan bahwa gedung walet tersebut memang dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan memenuhi syarat sehingga burung walet mau datang, menginap, dan pada akhirnya bersarang di rbw tersebut.

Dalam membangun rumah walet tentu kita patut memperhitungkan:

  1. Lokasi yang tepat
  2. Perencanaan yang matang
  3. Anggaran biaya
  4. Konsultan/ orang yang berpengalaman untuk membimbing (kecuali sudah mahir)
  5. Dst

Sebenarnya ada banyak poin yang patut kita pikirkan dengan matang sehingga apa yang kita kerjakan dapat berjalan lancar, usaha dan anggaran yang dicurahkan tidak sia-sia. Pemilihan lokasi misalnya, tidak boleh sembarangan. Ini patut melalui survey mendalam, mempelajari gerak-gerik walet dan bagaimana lingkungan tersebut, kalau memang sangat potensial maka tidak ada masalah untuk segera membangun rbw seperti yang di inginkan.




Namun untuk lokasi tertentu yang memiliki kekurangan misalnya letak yang kurang strategis, tentu kita perlu memberikan penanganan khusus pada rbw yang dibangun sehingga tetap dapat mendatangkan walet dengan maksimal dan tidak percuma.

Selengkapnya mengenai pengetahuan dan penjelasan tentang proses pembangunan rumah walet sebenarnya sudah admin buatkan kategori khusus, silakan baca disini: Kategori rumah walet

Selebihnya, tentu kita harus memiliki modal pengetahuan dalam bidang ternak walet, sehingga biaya yang dicurahkan dapat tepat sasaran dan maksimal. Apalagi kalau niat kita adalah melakukan investasi pada usaha sarang walet, paling tidak kita memiliki pengalaman kalau nanti ada masalah dan kendala di tengah jalan agar dapat menangani sendiri dan tidak melulu mengandalkan konsultan. Memang diperlukan konsultan dan orang yang membimbing kita, namun kalau itu dapat diminimalisir tentu akan lebih baik untuk memangkas biaya.

Sehingga kita dapat belajar sendiri mengenai seluk beluk bisnis walet dan seiring berjalannya waktu akan mendapatkan pengalaman berharga dari usaha yang kita tekuni, sehingga dapat mengembangkan usaha tersebut menjadi lebih maju dan bermanfaat untuk kehidupan.




Contoh Rumah Walet yang Berhasil dan Ideal itu Seperti Apa? | tadisangka | 4.5