Mengatasi Walet Sudah Bikin Sarang lalu Kabur ke Gedung Lain




Superwalet.com Mengatasi Walet Sudah Bikin Sarang lalu Kabur – Tidak jarang ada kasus dimana walet hampir menyelesaikan sarang namun setelah beberapa hari, ternyata walet malah tidak melanjutkan sarang buatanya, parahnya lagi burung walet pergi entah kemana. Apakah burung kabur ke gedung lain ataumungkin hanya pindah ke papan sirip lain?

Pemahaman umum dalama kasus demikian bahwasanya kita ketahui burung walet yang masuk kedalam gedung baru/rumah walet baru akan melalui tahapan proses adaptasi. Proses adaptasi ini dapat berlangsung  cepat dapat pula berlangsung sebaliknya yaitu lambat. Hal ini biasanya tergantung pada mental burung yang masuk selain itu faktor kondisi yang ada didalam gedung  juga menjadi penentu.

Burunga walet memiliki karakter bermacam macam, ada yang memiliki mentalnya pemberani,  namun ada pula burung walet yang bermental penakut. Untuk Walet dengan karakter penakut tentu akan membutuhkan proses adaptasi yang memakan waktu untuk  dapat menghuni gedung baru. Disisi lain faktor internal gedung  walet juga memberi peranan penting akan cepat lambatnya gedung untuk dihuni burung walet. Disamping kondisi suhu serta kelembapan dalam gedung harus disetting dengan baik, tata ruang serta tata suara tentunya juga harus baik.

Baca Juga :

Fase adaptasi burung walet untuk menghuni gedung baru  tentu bisa menjadi gagal diesebabkan oleh beberapa hal. Yakni walet berpindah ke gedung  lain yang mana gedung lain memiliki daya tarik suara panggil lebih bagus ketimbang gedung baru anda. Hal Inilah yang dapat menyebabkan walet kabur walupun burung walet telah menginap selama 1 bulan, bahkan telah memulai membuat sarang namun masih berpeluang kabur ke gedung lain.

Untuk itu, menengok pertanyaan pada paragraf utama di awal tulisan ini, walau pada papan sirip telah mulai terbentuk sarang yang separuh jadi, tapi ternyata kotoran walet yang ada dibawah terlihat kering. Nah, itu merupakan pertanda bahwa walet pindah gedung sebab tergoda oleh suara panggil di gedung lain.




Mengatasi Walet Sudah Bikin Sarang lalu Kabur

Di saat musim kemarau, dimana kondisi suhu maupun kelembapan gedung berubah menjadi  lebih tinggi, biasanya banyak walet muda yang pindah gedung. Secara umum kita tahu, bahwasanya proses walet menginap pada sebuah gedung akan dilakukan secara tahap demi tahap oleh burung. Adapun tahapanya Yaitu :

Tahapan pertama berawal walet akan tidur siang hari dengan menempel pada twiter tarik di roving room, selain itu adapula yang tidur di twiter inap pada nesting room. Di saat hari pertama walet akan tertidur siang dengan waktu sekitar 30 menit. Sementara keesokan harinya walet akan tidur siang selama 1 jam, dan esoknya lagi dia akan tidur siang selama 2 jam dan begitu seterusnya .

Dalam tahapan tersebut walet secara umum belum berani menginap didalam gedung baru. Sebab Walet harus memastikan jika gedung baru itu aman dan bebas dari pemangsa maupun predator.  Lain halnya Bagi walet yang memiliki mental berani, maka biasanya proses adaptasi ini akan menjadi lebih cepat.

Selanjutnya japabila gedung tersebut terasa aman oleh walet, maka burung tersebut akan melanjutkan dengan tidur  pada malam hari. Namun ketika tahapan ini terjadi jangan girang dulu, sebab walaupun walet sudah menginap bahkan 1 bulan lamanya di dalam sebuah gedung baru, peluang kabur walet masih terbuka lebar.

Thapan berikutnya yaitu Setelah walet menginap selama beberapa bulan, kemudian dia mulai memasuki masa kawin, maka burung walet akan memulai mengeluarkan air liurnya untuk membuat sebuah sarang. Namun setelah sarang setngah jadi, kenapa malah ada yang tidak diteruskan? Nah, disini poko permasalahnya. Simak baik baik “biarpun walet telah membuat sarang, namun peluang kabur masuk tetap ada tentunya. Sebab dalam fase ini walet belum merasa bawha gedung baru tersebut adalah rumahnya.

Sementara Pada tahapan walet sudah mulai bertelur maka resiko burung walet kaburakan menjadi minim. Walau peluang kaburnya sudah kecil, namun terkadang masih didapati sarang walet sudah ada telurnya namun pemilik telur tidak kembali lagi ke sarangnya untuk mengerami.

Dan untul tahapan walet sudah mulai punya piyik,dimana  telur yang dierami sudah menetas, maka Walet baru merasa sudah betul betul mapan. Pada saat saat inilah walet sama sekali sudah tidak ada keinginan untuk kabur ke gedung lain, meskipun suara panggil yang ada di gedung lain sangat menggoda.

Disaat itulah walet telah menjadi induk, dan perlu anda ketahui jika Induk walet terbilang sulit untuk berpindah ke gedung lain. Semakin berulang induk menghasilkan anakan di sebuah gedung , maka akan semakin kuat pula ikatan induk dengan tempat tinggalnya.

Cara Mengatasi Walet Sudah Bikin Sarang lalu Kabur

Lantas, Bagaimana cara agar proses adaptasi dari awal dapat membuat walet betah tinggal di dalam gedung baru dan tidak lagi kabur ke gedung lain?

Caranya yaitu, harus tersedia tempat yang betul betul nyaman bagi walet. Dalam kasus ini, desain gedung walet juga mengambil peranan penting, harus benar dan tidak dibuat asal asalan. Sebaiknya pengaturan tata ruang harus simpel. Suhu maupun kelembapan musti sesuai dengan habitat walet. Penggunaan sarang imitasi dapat membantu agar walet cepat bertelur sehingga kemungkinan walet akan kabur bisa diperkecil.

Selain itu pengaturan tata suara juga tak boleh dikesampingkan. Tetap gunakan suara original yang benar benar memberi respon yang baik. Maka dari itu sangat perlu stok suara yang bagus yang harus anda miliki supaya anda dapat berhasil dalam mempromosikan gedung anda di tengah persaingan. Jadikan gedung walet anda menjadi pusat perhatianuntuk walet walet muda . Mengatasi Walet Sudah Bikin Sarang lalu Kabur,Semoga bermanfaat

referensi. www.duniawalet.co.id




Mengatasi Walet Sudah Bikin Sarang lalu Kabur ke Gedung Lain | tadisangka | 4.5