Perbedaan Tweeter Walet dipasang Seri dan Paralel, Lebih Bagus Mana?




Sahabat superwalet.com, ternyata masih banyak yang penasaran perbedaan tweeter walet dipasang seri dan paralel terkait kualitas suara yang dihasilkan dari dua metode pemasangan tersebut karena pasti ada perbedaan tweeter walet seri paralel dari hasil suara yang dikeluarkan oleh speaker outputnya. Adapun tips cara pemasangan tweeter panggil walet atau cara pasang twiter tarik walet untuk menghasilkan suara yang paling bagus memerlukan pemahaman mendalam mengenai apa dan bagaimana seharusnya menyikapi keadaan tersebut. Setiap orang tentu memiliki teknik berbeda berdasarkan pengalaman mereka dalam membangun rumah burung walet yang baik, namun akan lebih baik kalau kita melihat secara umum dari penjelasan dibawah ini.

Topik yang akan kita bahas kali ini adalah sebuah pertanyaan dari member group facebook yang admin rasa sangat bermanfaat kalau kita share dan bahas disini siapa tahu ada teman lain yang juga mengalami kebingungan mengenai masalah pemasangan tweeter ini.

Salah satu komponen penting yang perlu kita perhatikan dalam membangun rbw yang baik, terencana dan disukai walet adalah mempersiapkan rangkaian suara panggil luar maupun suara inap sehingga diharapkan dari penggunaan perangkat tersebut akan meningkatkan jumlah burung walet yang datang dan menginap di gedung yang baru kita bangun. Namun tidak sedikit yang bingung mengenai cara instalasi tweeter suara panggil walet yang baik dan benar, apakah disambungkan secara berderet atau berjajar, dan apa kelebihan serta kekurangan dari kedua cara pemasangan tersebut.

Kalau diperhatikan dengan seksama sebenarnya tidak ada perbedaan tweeter walet seri paralel yang terlalu signifikan dari kedua cara pemasangan sound walet tersebut, sehingga kita tidak perlu mengambil berat mau pilih mana antara pemasangan dengan sistem seri atau paralel. Hal ini diperhitungkan dalam skala kecil, tidak ada perbedaan kualitas suara yang dihasilkan, namun kalau pemasangan tweeter dalam jumlah banyak maka akan nampak bedanya.

Misalnya pemasangan tweeter paralel, maka akan terlihat suara nyaring yang paling dekat dengan amplifier, sedangkan suara paling ujung akan terdengar pelan. Keuntungan pemasangan sistem paralel adalah, tweeter akan tetap berbunyi ketika ada salah satu yang mati atau terputus instalasinya, meskipun suara yang dihasilkan akan berkurang kualitasnya.




Sedangkan pada pemasangan tweeter dengan sistem pasang seri, kita akan mendapatkan kualitas suara yang sama baiknya dari ujung ke ujung, tidak ada perbedaan volume suara karena semua terhubung menjadi satu dalam sebuah instalasi. Namun kerugian dari pemasangan seri ini adalah ketika ada kabel yang putus atau salah satu tweeter mati maka semua akan ikut mati sehingga kita harus segera memperbaiki kerusakan tersebut.

Lantas lebih bagus mana sistem pemasangan dari kedua cara diatas? Hal ini masih tidak ada aturan baku, semua dikembalikan pada pemilik rbw mau pakai cara yang mana. Yang jelas kita sudah mengetahui masing-masing perbedaan maupun kekurangan dari kedua teknik tersebut. Selanjutnya silakan dipilih mau menggunakan cara yang mana yang kiranya cocok untuk rumah walet yang Anda bangun. Kadangkala kita perlu membuat sendiri rancangan untuk rbw yang memang disesuaikan dengan minat dan tujuan kita membuat gedung tersebut, sehingga kebutuhan material dan bahan tidak dapat disamakan dengan rbw lain yang mungkin memiliki bentuk dan konstruksi berbeda.




Perbedaan Tweeter Walet dipasang Seri dan Paralel, Lebih Bagus Mana? | tadisangka | 4.5