Rumah Walet Menggunakan AC untuk Memperoleh Suhu Dingin, Baguskah?




Memberikan nuansa lingkungan yang nyaman bagi burung walet memang hal penting yang harus diperhatikan oleh para petani walet, dalam hal ini dengan kecukupan ekosistem lingkungan yang memadai dan adanya keseimbangan seperti halnya dalam habitat asli mereka, maka akan menjadikan walet betah, berkembang biak dengan baik yang pada akhirnya akan mendorong terciptanya produktivitas tinggi sehingga panen sarang walet dapat maksimal dan kelangsungan rbw kita dalam jangka panjang akan semakin baik.

Banyak cara untuk mendapatkan suasana yang yaman bagi burug walet, salah satunya yang patut kita perhatikan adalah suhu ruangan yang dingin dan lembab, dan seharusnya suhu dalam ruangan tetap terjaga sehingga stabil dan memberikan rasa nyaman bagi walet untuk menginap maupun bersarang.

Ada beberapa cara untuk memperoleh kelembabab dan suhu dingin dalam ruangan rumah walet yang ideal, murah, dan sederhana. Diantaranya seperti yang pernah admin superwalet bahas dalam tulisan terdahulu, silakan baca selengkapnya mengenai cara supaya suhu rumah walet dingin dan lembab, baca disini

Alternatif lain dalam memberikan suhu yang ideal dan stabil dalam rumah walet, salah satunya dalah rumah walet pakai AC atau Air Conditioner. Mungkin ini nampak belum lumrah karena memang belum banyak peternak walet yang mengaplikasikan cara ini, namun dilihat dari efisiensi tentu sangat bermanfaat dan berguna. Salah satunya adalah karena penggunaan AC dalam rbw memungkinkan kita untuk mengatur suhu sesuai kebutuhan. Dan tentu dijamin stabil karena pengaturan pada AC sudah dapat di set sedemikian rupa.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, apakah ideal dan aman kalau rbw kita pasang ac untuk memudahkan menjaga suhu yang dingin?




Ini tentu menjadi pertanyaan banyak orang termasuk bagaimana efek dalam jangka panjang dan apakah baik untuk kelangsungan populasi walet yang ada dalam rbw kita.

Menurut beberapa rekan yang sudah menggunakan ac untuk rbw mereka, rata-rata mengatakan bahwa sangat puas dan hasilnya sangat bagus. Ini dapat mencakup pada perilaku burung walet yang semakin betah dan produktif saat rbw memakai ac karena mereka lebih nyaman, cepat bersarang dan lebih produktif karena rajin berkembang biak.

Yang perlu kita garis bawahi adalah penggunaan AC belum memenuhi syarat untuk mendapatkan ruangan walet yang lembab dan ideal dari segi kelembaban. Ini karena sifat pendinginan ac yang dingin namun kering, tentu saja belum akan ada kelembaban sesuai yang di inginkan. Untuk mengakali hal ini kita perlu menambahkan ketersediaan air sebagai komponen yang dapat menimbulkan kelembaban dalam ruangan rumah walet. Misalnya air yang ditaruh dalam ember besar, dipasang berjajar dan secara teratur. Atau membangun kolam air sesuai kebutuhan.

Jadi sebenarnya boleh-boleh saja menggunakan AC untuk memenuhi suhu yang dingin dalam rumah walet, yang perlu kita perhatikan adalah suhu tersebut jangan sampai terlalu dingin dan terjaga normal seperti pada habitat walet yang asli. Juga menambahkan kelembaban dengan memberikan unsur air pada rbw.

Yang mungkin perlu kita perhatikan adalah adanya biaya tambahan yang mungkin akan lebih terasa kalau kita menggunakan AC karena pemakaian listrik tentu saja akan meningkat. Namun kalau hal ini berbanding lurus dengan produktivitas dan panen yang melimpah tentu tidak menjadi masalah karena kita dapat memberikan yang terbaik untuk rbw dan tentunya akan berlangsung menjadi semakin baik dalam jangka panjang.




Rumah Walet Menggunakan AC untuk Memperoleh Suhu Dingin, Baguskah? | tadisangka | 4.5