Tips dan Cara agar Anak walet tidak kabur ( Anakan Pergi )




Cara agar Anak walet tidak kabur – Anakan burung walet kabur ? Mungkin menjadi permasalahan yang sering dialami banyak pengusaha maupunpetani sarang burung walet yang ada didalam negeri. Lain lagi kasusu dimana anakan burung walet tidak kembali kedalam gedung atau tempat ia lahir, disebabkan karena mereka pada dasaranya tidak kabur namun mereka hanya tersesat pada jalan pulang yang mereke tuju. Belum lagi kasus dimana anakan burung walet tidak kembali kedalam gedung asal disebabkan ia merasa nyaman tinggal didalam gedung walet lain yang baru dibangun.

Masalah atau kasus dimana anak burung walet yang baru keluar gedung tidak lagi kembali kedalam gedung tentu telah banyak dialami oleh para petani walet. Hal ini menjadi kasus yang berlarut larut dalam dunia budidaya sarang burung walet.

Secara umum anakan walet biasanya berada pada sarang indukanya ketika masih dalam umur muda, dan ketika sudah menginjak usia enam maupun sembilan bulan, barulah ia menjadi burung dewasa yang belajar untuk berkembang biak dan kemudian membuat sarang mereka dengan sendirinya.

Mengatasi permasalahan Cara agar Anak walet tidak kabur

Agar suapaya anakan walet tidak pergi atau kabur, disarankan untuk tidak memanen sarang indukanya sampai dua atau tiga kali periode penetasan. Sebab apabila baru sekali indukan walet menetas dan ketika anakanya telah terbang kemudian sarang diambil langsung saat periode tersebut maka, yang ditakutkan terjadi adalah walet muda yang masih dalam kondisi belajar mencengkran tidak dapat lagi mengetahui atau mengenali mana sarang indukanya, sehingga burung merasa terganggu dan kemudian pergi. Nah, dari studi contoh alur kasusu tersebut bisa disimpulkan bahwa mengambil langsung saran indukan saat periode pertama bisa membuat anakan walet kabur atau pergi.

Baca Juga :

Tips yang paling mantep yang bisa anda lakukan yakni  Agar anak burung walet tidak menggunakan sarang induknya sebagai tempat tinggal kita dapat menggunakan busa atau styrofoam yang tebalnya kirang lebih 2 cm di potong segi empat panjang (ukurannya terserah) kemudian di olesi parfum sirip walet pada busa tersebut, selnjutnya di tempelkan di dekat sarang induk, atau kurang lebih sekitar 10 cm dari sarang induk. Sebenarnya busa tersebut akan rusak dan berlubang-lubang karena anak walet mencengkram dan mematuk busa tersebut, namun anda tidak usah khawatir berlebih sebab ketika anak walet tersebut telah siap kawin, maka dia akan membangun sarang walet utuh tepat di atas busa tersebut.




Landasan sarang dari busa ini akan memaksa walet muda untuk membangun sarang secara utuh sebab busa tidak dapat digunakan untuk meletakkan telur-telurnya, dan pada dasarnya fungsi busa ini sangat bisa meningkatkan produksi sarang walet. Baca Juga Artikel kami tentang “ cara cepat walet membuat sarang

Selain meningkatkan produksi sarang, populasi burung walet juga akan meningkat pesat setelah 2 kali periode atau tetasan. Panen sarang burung walet dapat dilakukan setelah 8 bulan periode terakhir tetasan.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai Cara agar Anak walet tidak kabur, semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat untuk anda yang membutuhkan. Untuk sumber tips ini anda bisa membuka halaman blog http://burungwaletkalimantan.blogspot.co.id .




Tips dan Cara agar Anak walet tidak kabur ( Anakan Pergi ) | tadisangka | 4.5